Perekaman Sidik Jari Tersangka / Tahanan dengan Alat Digitalisasi AK 23.

Polda Bali – Polres Jembrana –  Sat Reskrim, Dalam mengemban tugas sebagai anggota Polri di era modernisasi saat ini, Anggota Polri tidak saja menggunakan cara-cara konvensional namun juga dituntut harus mampu menguasai IT dan mengoperasikan alat yang berbasis tekhnologi.
Guna mewujudkan Polri yang Promoter, Sat Reskrim Polres Jembrana melalui Ur Identifikasi, disamping memberikan layanan Sidik Jari bagi masyarakat umum, Sat Reskrim Polres Jembrana juga melakaksanakan Registrasi atau pendataan terhadap para Tersangka ataupun Tahanan yang terlibat Tindak Pidana di wilayah hukum Polres Jembrana dengan menggunakan alat yang berbasis IT yakni Alat Digitalisasi AK 23.
BRIPTU JRO EDI ARIANTO S.H. selaku Operator Alat Digitalisasi AK 23 melaksanakan perekaman dan menginput data Tersangka yang terlibat Tindak Pidana Illegallogging yang ditangani Unit IV Sat Reskrim Polres Jembrana, sebelum dilakukan penahanan di Rutan Polres Jembrana pada hari Kamis (16/01/2020) pukul 10.00 wita di Ruang Identifikasi.
Sehingga secara otomatis Identitas diri Tersangka akan ditambahkan dan tersimpan kedalam Data Base Pus Inafis Polri.
Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP YOGIE PRAMAGITA, S.I.K. menjelaskan bahwa, “Alat Digitalisasi AK 23 merupakan alat yang berbasis IT dengan pusat server di Pus Inafis Bareskrim Polri. Alat ini didistribusikan pada akhir tahun 2017 oleh Bareskrim Polri guna menunjang tugas anggota Polri di kewilayahan terutama dibidang Reserse Kriminal. Karena alat ini berfungsi sebagai penyimpan data atau rekam jejak para Tersangka, sehingga data diri berikut tindak pidana yang pernah dilakukan secara otomatis akan terekam kedalam server Alat Digitalisasi AK 23.
Dan apabila dikemudian hari kita mencari data diri yang bersangkutan, kita dapat dengan mudah mencarinya. Disamping itu juga kita bisa mengakses data diri tersangka yang pernah terlibat tindak pidana ditempat lain melalui alat ini,” jelas Kasat Reskrim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *