Disiplinkan Prokes Covid-19 Dan Petakan Lokasi Duktang, Personil Polsek Pekutatan Gelar Ops Yustisi Kependudukan

Polda Bali – Polres Jembrana – Polsek Pekutatan – Menggeliatnya kegiatan ekonomi walau dalam situasi pandemi Covid-19 membuat mobilitas penduduk pendatang cukup tinggi, tertibnya administrasi kependudukan dan ketaatan Prokes (protokol kesehatan) menjadi sasaran kegiatan Ops Yustisi Kependudukan terhadap Duktang (penduduk pendatang) oleh personil UKL (Unit Kecil Lengkap) Polsek Pekutatan.

Pelaksanaan kegiatan pengecekan dan pemeriksaan terhadap Duktang malam ini dipimpin oleh Kanit Reskrim Iptu I Nyoman Pasar, S.H. selaku Pawas (perwira pengawas) bersama 3 personil dari berbagai fungsi bertempat di rumah kos milik I Nyoman Mustika yang beralamat di Dusun Dangin Pangkung, Ds./Kec. Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Sabtu (17/10/20) pukul 21.30 WITA.

Kegiatan Ops Yustisi Kependudukan juga menjadi atensi Kapolsek Pekutatan Kompol Gusti Agung Komang Sukasana. “Melalui Giat Ops Yustisi Kependudukan, kita antisipasi masuknya orang dan barang terlarang, kelompok teroris/paham radikal serta kemungkinan keberadaan orang yang masuk dalam DPO (daftar pencarian orang) ke wilayah hukum Polsek Pekutatan serta memberikan himbauan tentang Prokes, juga untuk memetakan Duktang,” tegas Kapolsek.

Dalam kegiatan tersebut UKL telah memeriksa 1 orang Duktang a.n. NUR KAYAT asal Banyuwangi-Jatim, dengan identitas diri lengkap dan sudah mengenakan masker. Pawas menyampaikan himbauan kepada yang bersangkutan, agar selalu waspada terhadap situasi Kamtibmas dan taat pada Prokes Covid-19.

Dalam kesempatan ini juga dijelaskan Pergub Bali No. 46 tahun 2020 dan Perbup Jembrana Nomor 36 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Prokes sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, bahwa jika tidak mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah dapat dikenai sangsi denda Rp.100.000.

“Dalam setiap kegiatan rutin kepolisian, kami juga lakukan upaya pencegahan penularan Covid-19, dengan melakukan pendisiplinan Prokes, “kata Pawas.

“Kegiatan berjalan lancar dan tidak diketemukan hal-hal yang mencurigakan, Prokes sudah ditaati, “pungkasnya. (Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *